Apa itu Masternode ?

masternode online masternode indonesia masternode coin dash pivx smartcash shared masternode

Di dunia cryptocurrency, banyak yang mengatakan bahwa seseorang yang bisa menganalisa kondisi pasar atau biasa disebut trader yang dapat menghasilkan uang. Tetapi itu tidaklah benar.

Di dunia cryptocurrency, ada beberapa cara yang digunakan untuk menghasilkan keuntungan dan menghasilkan uang dalam jumlah besar. Dan Anda dapat memilih cara terbaik yang sesuai untuk Anda dan menyesuaikan tingkat risiko.

Salah satu cara menghasilkan uang di dunia cryptocurrency adalah dengan menjalankan masternode, tetapi sebelum saya memberi tahu Anda cara melakukannya, sangat penting bagi Anda untuk terlebih dahulu memahami apa itu masternode.

Apa itu Masternode?

Masternode adalah sebuah full node cryptocurrency atau wallet komputer yang menyimpan salinan penuh blockchain secara real-time, seperti halnya Anda memiliki full node Bitcoin dan selalu aktif & berjalan. Tetapi masternode berbeda dalam fungsinya daripada node normal lainnya.

Masternode berbeda karena masternode melakukan beberapa fungsi lain selain dari hanya menjaga blockchain penuh dan menyampaikan blok / transaksi seperti yang dilakukan full node dalam Bitcoin / Litecoin.

Beberapa fungsi khusus yang dilakukan node ini adalah:
  • Meningkatkan privasi transaksi
  • Melakukan transaksi instan
  • Berpartisipasi dalam tata kelola dan pemungutan suara
  • Aktifkan sistem penganggaran dan perbendaharaan dalam cryptocurrency
Masternode ini tidak berdiri sendiri tetapi mereka selalu berkomunikasi dengan node lain untuk membuat jaringan terdesentralisasi dan sering disebut dalam bentuk singkat sebagai MN.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa sebagian besar masternode melakukan tugas-tugas yang telah kami sebutkan di atas, tetapi dapat sedikit berbeda dari cryptocurrency ke cryptocurrency tergantung pada bagaimana masternode telah dilaksanakan. Tetapi kurang lebih mereka melakukan fungsi-fungsi ini dalam cryptocurrency.

Apa yang Dibutuhkan Untuk Menjalankan Masternode?

Sama seperti full node dalam cryptocurrency, masternode dapat dijalankan oleh siapa saja. Namun, ada sebuah penghalang untuk memastikan bahwa sistem tidak menjadi berbahaya. Penghalang adalah apa yang perlu dilakukan atau dijaminkan unit-unit tertentu dari cryptocurrency tertentu untuk menjalankan masternode.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pemilik masternode tidak menipu atau merusak sistem dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan meletakkan penghalang ini di mana operator masternode memiliki sesuatu yang dipertaruhkan.

Jadi secara alami, sangat kecil kemungkinannya bahwa operator masternode akan curang karena dia memiliki kepentingan dalam menjalankan seluruh sistem dan bahkan jika dia memilih untuk melakukan kecurangan, dia akan dihukum dalam bentuk devaluasi.

Sekarang setelah memahami konsep masternode, mari kita lihat apa saja yang diperlukan untuk mengaturnya:
  • Membutuhkan jumlah minimum koin dari cryptocurrency tertentu. Misalnya: (Untuk DASH MN Anda membutuhkan 1000 coin DASH dan untuk PIVX MN Anda membutuhkan 10.000 coin PIVX) Jadi jumlah minimum tersebut bervariasi dari cryptocurrency tertentu.
  • Membutuhkan VPS atau server untuk meng-host wallet selama 24 x 7
  • Membutuhkan alamat IP khusus.
  • Membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan blockchain.
Persyaratan diatas hampir sama untuk semua cryptocurrency yang berbasis masternode.

Bagaimana Masternode Berguna Bagi Investor?

Masternode sangat berguna bagi investor karena menjalankan masternode Anda diberi insentif. Anggap saja seperti menghasilkan bunga bulanan atau mingguan pada kepemilikan crypto Anda.

Cryptocurrency yang berbeda memiliki model insentif yang berbeda di mana operator masternode dapat memperoleh penghasilan bulanan atau mingguan (Passive Income). 

Satu hal yang perlu dipahami di sini adalah Anda harus memilih mata uang yang tepat untuk investasi jika Anda hanya berinvestasi dalam menjalankan masternode. Anda harus membandingkan persentase hasil terhadap investasi. Singkatnya, Anda harus dengan cerdas dan cermat menghitung ROI (Return of Investment) Anda.

Sampai saat ini, ada banyak cryptocurrency di luar sana yang memungkinkan Anda untuk menjalankan masternode tetapi tidak semuanya layak dijalankan karena insentif yang mereka berikan sangat sedikit.

Coin-Coin Masternode
  • Dash (DASH)
  • PIVX (PIVX)
  • SafeInsurance (SINS)
  • Zcoin (XZC)
  • SysCoin (SYS)
  • Energi (NRG)
  • SmartCash (SMART)
Daftar coin masternode diatas adalah sebagian kecil dari coin masternode cryptocurrency, anda bisa melihat daftar coin-coin masternode yang aktif dan melihat ROI coin masternode di Masternodes OnlineMasternodes ProMasternode Live, dan lainnya.

Source: indonesiaportalico.com

0 Komentar

Posting Komentar